DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
SMP SE-KABUPATEN TEGAL
KISI-KISI
SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015

Mata Pelajaran : Teknologi
Informasi dan Komunikasi Jumlah
Soal : 50 Soal Bentuk
Soal : Pilihan Ganda dan Essay
Tahun Pelajaran : 2014/2015 Alokasi Waktu : 90 menit Kelas : VII ( Tujuh )
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
NO.
SOAL
|
JENIS SOAL
|
JENIS
SOAL
|
1
|
3. Mempraktekkan ketrampilan dasar komputer
|
3.1 Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer
|
1. Siswa mampu menyebutkan pengertian hardware
2. Siswa
mampu menyebutkan fungsi tombol pada keyboard
3. Siswa
mampu menyebutkan bagian dari CPU
4. Siswa
mampu menyebutkan alat input
5. Siswa
mampu menyebutkan alat pemroses
6. Siswa
mampu menyebutkan alat output
7. Siswa
mampu meyebutkan alat penyimpanan
8. Siswa
mampu menyebutkan gambar hardware
|
1
2,3
4,5,6
7
8
9,10
11,46
12
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG, Essay
PG
|
C1
C2, C1
C1, C1, C1
C1
C1
C1, C1
C1, C2
C1
|
|
|
3.2 Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat lunak komputer
|
9. Siswa mampu menjelaskan
perkembangan pembuatan software
10. Siswa mampu menyebutkan
tingkatan bahasa pemrograman
11. Siswa mampu menyebutkan
istilah dari software
12. Siswa mampu menyebutkan
contoh sistem operasi
13. Siswa mampu menyebutkan
program aplikasi
14. Siswa mampu menyebutkan
fungsi program aplikasi
15. Siswa mampu menyebutkan
istilah dalam program MS.Excel
16. Siswa mampu menunjukkan
gambar program aplikasi
|
13
14
47
15,16
17,18,19
20,21
22
23
|
PG
PG
Essay
PG
PG
PG
PG
PG
|
C2
C2
C2
C1, C1
C1, C1, C1
C1, C1
C1
C2
|
|
|
3.3 Memahami
kegunaan dari beberapa program aplikasi
|
17. Siswa mampu menyebutkan
program aplikasi yang digunakan untuk membuat presentasi
18. Siswa mampu mengidentifikasi
kegunaan program palikasi berbasis multimedia
19. Siswa mampu mengidentifikasi
contoh bahasa pemrograman berdasarkan levelnya
20. Siswa dapat mengidentifikasi
kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis
21. Siswa dapat mengidentifikasi
program anti-Spyware
22. Siswa dapat
mengidentifikasi program aplikasi
pengolah kata yang pertama kali dibuat
23. Siswa dapat menjelaskan
pengertian vektor
24. Siswa dapat mengidentifikasi
yang termasuk dalam paket program microsoft office
25. Siswa dapat mengidentifikasi
fungsi
perangkat lunak berbasis pengolah gambar/grafis
26. Siswa dapat mengidentifikasi
kombinasi tombol yang digunakan untuk membuka dokumen baru pada program
microsoft excel
27. Siswa dapat mengidentikasi
fungsi ikon pada program microsoft word
28. Siswa dapat mengidentifikasi
kelebihan Microsoft Word
29. Siswa dapat mengidentikasi
ikon yang terdapat pada tab home
30. Siswa dapat mengidentikasi
kegunaan Microsoft Excel
31. Siswa dapat
mengidentifikasi ekstensi yang
ditambahkan oleh microsoft word 2007
32. Siswa dapat mengidentifikasi
program anti virus
33. Siswa dapat mengidentifikasi
fungsi masing-masing tab menu
|
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
C1
C1
C2
C1
C2
C1
C3
C1
C2
C2
C2
C1
C2
C2
C2
C3
C1
|
|
|
3.4 Mempraktekkan
satu program aplikasi
|
34. Siswa dapat mengidentifikasi
tampilan pada microsoft excel
35. Siswa dapat mengidentifikasi
ikon yang berfungsi untuk menyisipkan gambar dan grafik pada Ms.word
36. Siswa dapat mengidentifikasi
ikon yang berfungsi untuk menganti jenis huruf
37. Siswa dapat mengidentifikasi
tab yang berfungsi untuk pengaturan batas pengetikan
38. Siswa dapat menjelaskan
fungsi slide show yang terdapat pada program microsoft power point
39. Siswa dapat mengidentifikasi
tampilan tittle bar saat pertama kali ms.word dijalankan
|
40
41
42
43
44
45
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
C2
C3
C1
C2
C3
C2
|
|
|
3.3 Memahami
kegunaan dari beberapa program aplikasi
3.4 Mempraktekkan
satu program aplikasi
|
40. Siswa mampu menjelaskan
fungsi perangkat lunak pengolah kata dan contohnya
41. Siswa mampu mengidentifikasi
level bahasa pemrograman
42. Siswa mampu menjelaskan
langkah menyimpan dokumen
|
48
49
50
|
Essay
Essay
Essay
|
C2
C3
C2
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar